Pages

Labels

Sabtu, 22 September 2012

.: Perbedaan Bluetooth dengan Wi-Fi (Wireless Fidelity) :.

Bluetooth vs Wi-Fi??

Kebutuhan akan komunikasi yang intens di era dengan tingkat mobilitas tinggi ini membuat teknologi nirkabel atau wireless sangat dibutuhkan. Seiring perkembangan zaman, media transfer data berupa kabel atau optik dirasa kurang praktis dan kini media wireless menduduki posisi nomor wahid karena tingkat mobilitas dan kepraktisannya yang tidak diragukan lagi. Tidak perlu kabel, tidak perlu biaya yang mahal untuk instalasi jaringan, dan dapat digunakan walaupun hanya dengan berbekal peripheral yang simpel semisal Handphone, PDA, bluetooth receiver, dsb. Yang paling penting, tidak menutup kemungkinan bahwa komunikasi data dapat dilakukan dimana saja. Penggunaan media wireless sebagai sarana komunikasi dan tukar data telah membawa perubahan yang signifikan terhadap keakuratan dan kecepatan penerimaan data.




Media wireless yang ada hingga saat ini antara lain infrared, bluetooth, dan wifi. Dalam pembahasan kali ini saya hanya akan membahas khusus mengenai perbedaan  bluetooth dan wifi saja. Apa sih bluetooth itu? Apa sih yang dimaksud dengan wi-fi? Namun sebelum kita membahas mengenai perbedaannya, mari kita membahas mengenai penjelasan ringkasnya terlebih dahulu. Ini dia pengertiannya :


1. Bluetooth 




Bluetooth alias si gigi biru. Mengapa dinamai seperti itu? Selidik punya selidik ternyata nama itu adalah nama seorang raja inggris di akhir abad ke sepuluh. Ia memiliki gigi yang agak gelap sehingga dijuluki sebagai Harald Bluetooth. Dan mengapa dinamai dengan namanya? Konon katanya, ia adalah raja yang dapat memersatukan suku-suku yang sebelumnya berperang, seperti bluetooth yang dapat menyatukan berbagai media.

Bluetooth adalah suatu teknologi komunikasi wireless yang memanfaatkan frekuensi radio 2.4 GHz. Bluetooth memungkinkan dua perangkat yang kompatibel untuk berkomunikasi tanpa kabel dan tidak memerlukan koneksi saluran yang terlihat. Bluetooth digunakan untuk menghubungkan dan tukar menukar informasi antara perangkat genggam yang terpisah (handphone, PDA, computer, printer, dan lain-lain) dengan jangkauan yang relatif pendek. Perangkat-perangkat genggam yang terpisah tersebut dapat saling bertukar informasi atau data dengan menggunakan Bluetooth. Cakupan Bluetooth sendiri bisa mencapai 10 meter. 

2. Wi-Fi (Wireless Fidelity) 

Wi-Fi atau Wireless Fidelity, awal penciptaannya ditujukan untuk penggunaan perangkat nirkabel dan LAN, namun saat ini lebih banyak digunakan untuk mengakses internet. Wifi yang digunakan untuk mengakses internet biasanya terdapat pada zona-zona tertentu semisal bandara, cafe, atau campus. Zona dengan wifi ini disebut dengan Hotspot.

WiFi yaitu sekumpulan standar yang digunakan untuk Jaringan Lokal Nirkabel yang didasari pada spesifikasi IEEE 802.11. Wi-Fi bekerja pada frekuensi radio yang sama dengan Bluetooth yaitu pada 2,4 Ghz, namun bedanya, Bluetooth menggunakan spread spectrum frequency hopping (SSFH), sedangkan Wi-Fi menggunakan direct sequence spread spectrum (DSSS). Power yang dimiliki wifi lebih banyak dibanding bluotooth sehingga cocok digunakan untuk keperluan melakukan koneksi yang memelukan bandwidth kuat, seperti jaringan komputer atau membuat jaringan game antar komputer/laptop.


Perbedaan antara Bluetooth dengan Wi-Fi

Tabel Perbedaan Bluetooth dengan Wi-Fi

Dengan tabel di atas kita akan lebih mudah mengetahui perbedaan antara Bluetooth dengan Wi-Fi. Poin-poin yang ditandai dengan warna hijau menunjukkan kelebihan di antara keduanya. Bisa kita lihat Bluetooth unggul dalam hal perangkat keras (hardware) yang dibutuhkan, kemudahan dalam penggunaannya, keamanan, dan konsumsi daya yang lebih hemat. Sedangkan Wi-Fi unggul dalam hal bandwith dan cakupan area yang lebih luas. Nah, dalam penggunaannya keputusan ada di tangan pribadi kita masing-masing, jika ingin menggunakan sambungan yang lebih hemat energi, mudah dalam penggunaannya, dan tingkat keamanan yang lebih tinggi maka sudah jelas pilihan ada pada Bluetooth, namun jika anda membutuhkan sambungan dengan cakupan area yang lebih luas dan bandwidth yang lebih tinggi (tentunya dengan mengesampingkan hal keamanan dan konsumsi daya), Wi-Fi adalah pilihan yang lebih tepat. Intinya, sesuaikan penggunaannya dengan kebutuhan kita, karena kebutuhan masing-masing orang berbeda ;)

o ya, di bawah ini ada sedikit joke yang masih ada hubungannya dengan Bluetooth vs Wi-Fi, enjoy it.!!! :D

0 komentar:

Posting Komentar

Social Icons

About Me

Foto saya
Look for the chance hidden in every difficulty,and don’t look at the difficulty in every chance it is better to keep hoping than to be hopeless once Patience gets more results than power and rage the secret of a good memory is the attention to the matter you want to remember. . .

Followers

Featured Posts