Pages

Labels

Kamis, 13 September 2012

.: Perkembangan teknologi terbaru dari media nirkabel / tanpa kabel .:

Perkembangan teknologi terbaru dari media nirkabel / tanpa kabel

Pada satelite, komunikasinya menggunakan frekuensi / band, di mana untuk menghubungi site lainnya bisa dilakukan dengan VSAT, kependekan dari Very Small Aperture Terminal, sebuah terminal yang digunakan dalam komunikasi data satelite, suara dan sinyal video

VSAT terdiri dari dua bagian, sebuah transceiver yang ditempatkan di luar (out doors) yang dapat langsung terjangkau oleh satelite dan sebuah alat yang di tempatkan di dalam ruangan yang menghubungkan transceiver dengan alat komunikasi para pengguna, PC misalnya. Transceiver menerima dan mengirim sinyal ke transponder satelit di langit. Satelite mengirim dan menerima sinyal dari sebuah ground station komputer yang berfungsi sebagai hub untuk sistem tersebut. Masing-masing komputer pengguna terhubungkan oleh hub ke satelite, membentuk sebuah topologi bintang (star topology). Hub tersebut mengatur keseluruhan operasional network. Agar sebuah komputer pengguna dapat melakukan komunikasi dengan lainnya, transmisinya harus terhubung dengan hub yang kemudian mentransmisikan kembali ke satelite, setelah itu baru dikomunikasikan dengan komputer pengguna VSAT yang lain.


Sistem satelite yang banyak dipakai pada saat ini adalah satelite yang non regenerative yaitu hanya melakukan fungsi merelay tanpa ada pemrosesan sinyal baik itu modulasi dan demodulasi. Penggunaan sistem satelite regenaratif akan menyebabkan harga dari satelite itu akan naik dikarenakan teknologi yang dipergunakan untuk aplikasi di ruang angkasa belum banyak dipakai untuk mencapai nilai ekonomisnya. Selain itu, peran serta orbit, pembajakan sinyal, dan peran Intelsat serta kompetisi organisasi di area internasional membuat kapabilitas satelite kita meningkat.

Teknologi terbaru dari media nirkabel satelite adalah Smallsats, yaitu satelite dalam bentuk yang lebih kecil dan lebih efisien. Smallsat dapat digunakan untuk remote sensing, jaringan komunikasi interpersonal, dan untuk aplikasi lainnya. Smallsat mengeluarkan biaya yang lebih sedikit dan didesain untuk waktu yang lebih cepat.


Selain itu, contoh lain dari teknologi satelite itu sendiri dapat kita lihat pada pertelevisian di mana kita hanya bisa melihat siaran live dari televisi dan tidak tau bagaimana kinerjanya. Oleh karena itu, dikenal istilah SNG (Satelite News Gathering) yaitu pengumpul berita melalui satelite. SNG merupakan sebuah piranti untuk Transmisi Satellite yang portable, yang lebih praktis untuk berpindah tempat (mobile) maupun untuk proses instalasi dan uninstal. Hal ini dapat diibaratkan sebuah lampu senter dan cermin, di mana SNG itu senternya dan satelite cerminnya (untuk memantulkan) dan pantulannya diterima oleh perangkat penerimanya (biasa disebut ground segment) untuk kemudian diproses di Master Control Room (MCR).

SNG biasa digunakan saat siaran live dari luar studio, jadi ketika live event berlangsung, SNG mengirim sinyal Audio–Video melalaui satelit (uplink) untuk diterima (downlink) di Studio sebelum dipancarkan kembali ke seluruh stasiun Transmisi daerah.    
                                                           
Pada wireless, koneksinya menggunakan frekuensi radio. Wireless memiliki jangkauan tempat yang menyebar dan keamanan data yang disampaikan juga terjamin. Teknologi wireless memiliki fleksibelitas, mendukung mobilitas, memiliki teknik frequency reuse, selular dan handover, menawarkan efisiensi dalam waktu (penginstalan) dan biaya (pemeliharaan dan penginstalan ulang di tempat lain), mengurangi pemakaian kabel dan penambahan jumlah pengguna dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Namun dibalik itu semua, sebenarnya teknologi wireless juga membutuhkan biaya karena komponennya memiliki harga yang lebih mahal. Tetapi harga yang tidak murah juga pasti memberikan layanan lebih.

Sekarang ini, teknologi wireless hadir dalam bentuk yang berbeda-beda, misalnya mobile wireless. Keberadaan cell phone telah dilengkapi dengan hadirnya PCs dengan menggunakan network terbaru dan teknologi digital yang terbaru pula, yaitu teknologi mobile wireless dengan third generation (3G) system.

Salah satu contoh teknologi wireless adalah broadband CDMA (B-CDMA). Teknologi B-CDMA dikembangkan dari teknik CDMA. B-CDMA ini merupakan teknologi digital spread spektrum lanjutan untuk kepentingan komersial, yang memberikan berbagai kelebihan dibanding copper, cable, microwave dan bahkan sistem komunikasi radio lainnya, seperti kualitas suara yang tinggi (32 kb/s), karakteristik fade sangat baik, performansi indoor sangat baik, dinamik data rate (on demand) : 32 kb/s ~ 144 kb/s. Selain itu juga, Pemilihan frekuensinya secara fleksibel (300 ~ 2500 MHz). Broadband CDMA sedang dikembangkan untuk empat aplikasi utama ; rural wireless local loop, urban wireless local loop, personal communications system (PCS), Global Mobile Personal Communcations by Satellite (GMPCS) dan IMT-2000.

 

Untuk B-CDMA pada umumnya menggunakan bandwidth 7 MHz, 10,5 MHz, 14 MHz dan 15 MHz. Dengan bandwidth yang lebih lebar akan menyediakan level of fade resistance yang lebih besar, yang akan menghasilkkan performansi yang lebih besar untuk output power yang sama, atau mengurangi syarat power untuk menyediakan range coverage yang sama. Selanjutnya, pertambahan bandwidth sangat identik dengan penambahan kapasitas untuk mendukung layanan-layanan dengan bandwidth yang lebih tinggi dan menambah fleksibilitas untuk service gabungan. Dalam arti bahwa satu sistem broadband dapat melayani berbagai macam service secara simultan. Gambaran dari sistem tersebut adalah sebagai berikut :



Keuntungan utama dari solusi Broadband CDMA adalah flexibilitas. Sistem Broadband CDMA dapat memungkinkan operator untuk menawarkan service yang baru seperti ISDN (144 kbps), leased line dan bandwidth on demand (2 Mbps). Cell-cell pada Broadband CDMA dapat dengan mudah diaplikasikan di daerah urban, suburban atau rural dimana kepadatan pelanggan berbeda. Broadband CDMA menggunakan teknik pengkodean suara seperti pada jaringan publik (32 ADPCM dan 64 PCM).

4 komentar:

Social Icons

About Me

Foto saya
Look for the chance hidden in every difficulty,and don’t look at the difficulty in every chance it is better to keep hoping than to be hopeless once Patience gets more results than power and rage the secret of a good memory is the attention to the matter you want to remember. . .

Followers

Featured Posts