Pages

Labels

Sabtu, 22 September 2012

.: Perbedaan Bluetooth dan Infra red :.

Tahukan apa itu bluetooth? tahu juga kan apa itu infrared? dalam teknologi handphone sekarang ini pasti ada bluetooth ataupun infrarednya. Mau tahu perbedaannya simak artikel berikut.
Teknologi wireless Bluetooth dan Infra red biasanya digunakan untuk komunikasi wireless jarak pendek antara perangkat elektronik. Kedua teknologi ini efektif, tetapi karena kemampuan mereka sangat berbeda dan terbatas, mereka akan cocok untuk aplikasi yang sangat berbeda.


Perbandingn Infrared dan Bluetooth
Dari segi manfaat, kedua teknologi ini memiliki manfaat yang sangat besar untuk berbagai kepentingan, tetapi juga tidak selamanya kelebihan yang dimilikinya dapat memenuhi kebutuhan setiap pengguna. Berikut ini adalah perbandingan Bluetooth dan Infrared ditinjau dari berbagai sudut pandang :
Wireless Standar
IrDA telah terbukti memiliki standar (50 juta unit), sedangkan Bluetooth masih dalam tahap pengembangan.
Transfer Data
IrDA mampu melakukan transfer data hingga 4Mbps, 16Mbps (dalam pengembangan), sedangkan Bluetooth maksimal 1Mbps dengan kemampuan rata-rata sekitar 721Kbps.
Range
IrDA memiliki rentang jarak sekitar 3 meter, sedangkan Bluetooth sekitar 30 kaki atau lebih.
Line of Sight
Dalam keadaan jaringan yang penuh sesak, disarankan menggunakan IrDA,s edangkan sedangkan untuk teknologi yang memerlukan tembus dinding disarankan menggunakan Bluetooth.
Biaya Implementasi
Saat ini, IrDA hanya memerlukan biaya implementasi sekitar $2, sedangkan Bluetooth untuk implementasi awal saja sudah membutuhkan biaya sebesar $20.
Secara sekilas kita bisa mengetahui bahwa Bluetooth memang lebih unggul dari teknologi Infrared, tetapi ada beberapa hal yang patut diperhatikan dari teknologi Bluetooth ini seperti yang tertera di bawah ini :
Teknologi Bluetooth akan menyulitkan pengguna untuk menemukan penerima maupun pengirim data yang dimaksud apabila berada dalam suatu ruangan yang terlalu banyak penggunaan koneksi Bluetooth. Sedangkan teknologi Infrared hanya akan mendeteksi identitas si pengirim data karena proses transfernya juga mendekatkan perangkat yang satu dengan perangkat yang satunya lagi.
Mekanisme keamanan Bluetooth sepertinya perlu diperhatikan untuk mencegah kegagalan pengiriman atau penerimaan data yang dimaksud.
Di Indonesia, banyak kasus peredaran virus yang berasal dari Bluetooth ponsel sehingga Anda harus lebih bijak dalam menggunakannya, berbeda dengan Infrared di mana Infrared tidak rentan terkena virus. [MG]
Teknologi transmisi
Infra red menggunakan getaran sinar infra merah untuk mengirimkan data dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Getaran ini tidak terlihat dengan mata telanjang, tetapi dapat dideteksi oleh sensor pada perangkat penerima. Sementara Bluetooth menggunakan gelombang radio pada frekuensi tertentu (2,4 gigahertz) untuk mentransmisi data dari perangkat ke perangkat. Baik Bluetooth atau Infra red mengkonsumsi daya jauh lebih sedikit daripada teknologi wireless lainnya.
Rentang Jarak
Jarak yang efektif untuk Infra red yang sangat pendek, biasanya tidak lebih dari lima meter, dan bahkan sering lebih dekat sekitar satu meter. Bluetooth memiliki jangkauan maksimum 10 meter, yang, meskipun dua kali lipat dari Infra red, ia masih jauh lebih pendek jika dibandingkan dengan frekuensi radio teknologi wireless yang lain. Intinya kedua teknologi ini hanya berguna untuk komunikasi antara perangkat dalam jarak relatif dekat satu sama lain.
Kecepatan Transmisi
Infra red mentransmisikan data di kisaran antara 115 kilobit per detik dan 16 megabit per detik (Mbps), namun ini tergantung pada perangkatnya. Bluetooth mentransmisikan data dengan kecepatan antara satu dan tiga megabit per detik. Meskipun kecepatan untuk perangkat Infra red jauh lebih besar daripada perangkat Bluetooth, kecepatan efektif yang paling umum untuk kedua teknologi ini adalah sekitar 3 Mbps.
Lokasi Perangkat
Karena menggunakan sinar untuk transmisi data, Infra red perlu untuk berhadapan langsung dengan si perangkat berkomunikasi. Perangkat penerima juga harus diposisikan dalam kerucut yang cakupannya relatif sempit dalam hubungannya ke perangkat transmisi. Bluetooth, karena menggunakan gelombang radio dan bukan dari sinar, maka ia tidak tunduk pada keterbatasan ini, sehingga perangkat komunikasi bisa ditempatkan di mana saja selama dalam jangkauan efektif.
Konektivitas
Infra red hanya dapat membuat koneksi ke satu perangkat saja. Sementara Bluetooth dapat membentuk jaringan setelah semua perangkat “mengidentifikasi” diri mereka satu sama lain.
Kegunaan
Karena garis pandangnya terbatas, Infra red paling efektif digunakan oleh perangkat yang tetap dekat satu sama lain dan relatif seimbang. Ia tidak bisa bila terbatasi oleh dinding. Salah satu penggunaan awal Infra red berada di remote kontrol untuk perangkat elektronik rumah. Aplikasi umum seperti wireless keyboard dan mouse juga menggunakan Infra red.
Sementara Bluetooth dapat berkomunikasi bahkan ketika mereka dipisahkan oleh rintangan.Bluetooth awalnya mendapatkan popularitas melalui penggunaannya dalam headset ponsel wireless. Hal ini masih umum digunakan pada perangkat mobile, dan kini ini menjadi lebih umum digunakan dalam komputer dan perangkat periferal.

Jadi, demekian penjelasan tentang perbedaan antara  bloetooth dan InfraRed... ^_^ semoga bermanfaat ya....

1 komentar:

  1. Berarti smartphone sekarang sudah tidak ada fasilitas infrared hanya BLUETOOTH sehingga bila option - send message-upload-BLUETOOH

    BalasHapus

Social Icons

About Me

Foto saya
Look for the chance hidden in every difficulty,and don’t look at the difficulty in every chance it is better to keep hoping than to be hopeless once Patience gets more results than power and rage the secret of a good memory is the attention to the matter you want to remember. . .

Followers

Featured Posts